Jadilah Pemaaf !




menurut KBBI maaf/ma·af/ n pembebasan seseorang dari hukuman (tuntutan, denda, dan sebagainya) karena suatu kesalahan; ampun:ungkapan permintaan ampun atau penyesalan:ungkapan permintaan izin untuk melakukan sesuatu: 
Maaf adalah ungkapan permintaan atau permohonan ampun ataupun penyesalan karena suatu kesalahan. Meminta maaf berarti memberi ampunan atas kesalahan tersebut dan tidak menganggap lagi kesalahan tersebut. memang sulit untuk memaafkan apalagi atas kesalahan yang sangat menyakitkan tetapi jika kita berlapang dada untuk meaafkan Insyaallah Allah senantiasa memberi balasan yang baik pula untuk kita 

Memberikan maaf kepada orang lain merupakan ciri orang yang bertaqwa. Seperti pada terjemahan ayat surat berikut ini:
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”  - (QS. Al-Imran: 133-134)

Meminta Maaf Di dalam Al-Qur’an
Makna tersirat dari surah Al-hujurat ayat 10-12 salah satunya adalah menjaga perdamaian salah satu caranya adalah menjaga tali silaturahmi diantara kita sehingga kita harus belajar memaafkan satu sama lain dengan adanya tali silaturahmi

“Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah bersaudara, oleh karena itu adakanlah perdamaian diantara saudara- saudaramu, dan takutlah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat. Hai orang-orang yang beriman!Jangan ada satupun kaum merendahkan kaum lain, sebab barangkali mereka (yang direndahkan) itu justru lebih baik darimereka (yang merendahkan); dan janganlah ada perempuan merendahkan perempuan lainnya, sebab barangkali mereka (yang direndahkan) itu lebih baik darimereka (yang merendahkan); dan jangan kamu mencela diri-diri kamu; dan jangan kamu memberi gelar dengan gelar gelar (yang tidak baik) –misalnya fasik– sebab seburuk-buruk nama ialah fasik sesudah dia itu beriman, dan barangsiapa tidak bertobat, maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim. Hai orang-orang yang beriman!Jauhilah banyak sangka, karena sesungguhnya sebagian sangkaan itu berdosa; dan jangan kamu mengintai (menyelidiki cacat orang lain); dan jangan sebagian kamu mengumpat sebagiannya, apakah salah seorang di antara kamu suka makan daging bangkaisaudaramu padahal kamu tidak menyukainya? Takutlah kepada Allah, karena sesungguhnya Allah maha menerima taubat dan belas-kasih.” (al-Hujurat: 10-12)

Bila kita sudah dapat memulai menjaga tali silaturahmi maka kita juga harus dapat melanggengkannya dengan beberapa hal dari ayat tersebut antara lain Jangan ada satupun kaum merendahkan kaum lain, janganlah ada perempuan merendahkan perempuan lainnya,angan kamu mencela diri-diri kamu; dan jangan kamu memberi gelar dengan gelar gelar (yang tidak baik) –misalnya fasik– , Jauhilah banyak sangka, jangan kamu mengintai (menyelidiki cacat orang lain); dan jangan sebagian kamu mengumpat sebagiannya, Maha besar Allah dengan segala firmannya begitu syang Allah pada hambanya dengan segala larangan guna memelihara hambanya.

Ucapan adalah suatu hal yang tak terlihat hingga tak terasajuga dapat menyakiti perasaan orang lain, hanya orang yang menjaga dirinyalah akan merasa baik atau buruknya suatu perkataan. semoga kita semua tidak termasuk orang yang mudah menyakiti yang lain.



Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar